Penggunaan Kantong Plastik Hijau Di Wajibkan Tahun Depan


Tahun depan selain TDL akan kembali di naikkan (Baca: 2011, TDL Naik Lagi 15 Persen), penggunaan kantung plastik yang mudah terurai juga akan di wajibkan di semua tempat. Walaupun beberapa supermarket sudah menggunakannya, namun belum menyeluruh dan belum ada peraturan yang mengatur penggunaannya.

Berdasarkan catatan Dinas Kebersihan Pemda Jakarta, 7 persen dari sekitar 500 ton sampah per hari di daerah ibukota Jakarta merupakan sampah berbahan plastik. Oleh karena itu harus ada perubahan agar permasalahan sampah plastik di Jakarta tidak berdampak lebih parah.


Kantung plastik yang di beri nama “kantong plastik hijau” ini, rencananya akan terus di sosialisasikan hingga ke pasar tradisional sehingga di harapkan kantong plastik konvensional yang pada umumnya terbuat dari bahan bahan berbahaya dan bahan daur ulang sudah tidak di gunakan lagi.

Sekitar 80 persen sampah plastik di Jakarta datang dari pasar tradisional, oleh sebab itu penggunaan kantong plastik hijau di pasar tradisional sangat penting untuk menekan jumlah sampah yang tidak bisa di urai di Jakarta.


Menurut teknisi PT Chandra Asri, Teguh Prasetyo, kantong plastik hijau dapat terurai sekitar 6 bulan sampai 2 tahun, sebab material yang di pakai sebagai bahan pembuatan kantong plastik hijau sangat peka terhadap panas dan mechanical stress, baik dari angin maupun aktiftas manusia.

PT Chandra Asri merupakan salah satu produsen kantok plastik hijau. Pabriknya yang beroperasi di Cilegon, Banten saat ini telah mensuplai kebutuhan kantong plastic hijau untuk daerah Jakarta, Jawa Barat dan jawa Tengah.




















Other Articles

Recent Post

Check This Out

Hot Product

Gillette Fusion Proglide Manual Razor and Cartridge

Kindle Paperwhite

The Power of Independence - A TuneCore Artist Compilation

Bluegrass Mastery Vol. 1

Living Rich by Spending Smart: How to Get More of What You Really Want

Kindle Fire HD Tablet

Star Trek: Original Motion Picture Collection

Red Vines Red Original Licorice Twists

The Secret Holocaust Diaries

Charlotte Figg Takes Over Paradise

Discount:
Keywords:

Best Deals

 
Copyright © O-Bras | Powered by Blogger