Tips Mudik Nyaman Dan Aman


Tidak terasa puasa 1431 H sudah masuk ke 10 hari yang terakhir, semoga kita semua yang istiqamah menjalankan puasa sejak dari awal mendapatkan apa yang sudah di janjikan oleh Allah SWT setiap 10 harinya.

Bagaimana planning mudik anda ?, apakah sesuai dengan harapan anda. Bagi anda yang ingin mudik, tentu segala sesuatunya harus di siapkan dahulu baik yang menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi seperti mobil, sepeda motor atau mungkin ada yang mau pakai sepeda biasa seperti Mas Tikno..he..he..he.. (Baca: Tikno, Keliling Indonesia selama 4 tahun), agar selama perjalanan bisa merasakan kenyamanan.


Berikut Tips Untuk Para Pemudik, semoga info ini bisa bermanfaat.

Persiapan Sebelum Berangkat Mudik

1. Buat list 2 hari sebelum keberangkatan

Agar tidak ada perlengkapan yang terlupa atau terlewatkan, sebaiknya anda buat listnya 2 hari sebelum hari keberangkatan. Catat semua perlengkapan yang di butuhkan selama perjalanan mudik anda, namun jangan sampai berlebihan. Setelah selesai membuat list, anda bisa membereskan perlengkapannya pada keesokan harinya. Jangan lupa juga pastikan listrik dan peralatan elektronik lainnya sudah mati

2. Pilih pakaian yang santai

Agar perjalanan mudik anda bisa terasa nyaman dan menyenangkan, pilihlah pakaian yang santai, yang bisa menyerap keringat dengan baik dan tentunya yang menutup aurat. Dengan begitu anda bisa relaks dan bisa menyimpan tenaga anda.

3. Siapkan Obat

Bagi anda yang mempunyai penyakit tertentu sebaiknya siapkan terdahulu obat anda tersebut sebelum yang lainnya sehingga tidak tertinggal. Lalu bagi anda yang tidak mempunyai penyakit tertentu bisa menyiapkan beberapa obat seperti obat sakit kepala atau obat untuk mual. Anda juga bisa menambahkan beberapa vitamin khususnya vitamin C.

4. Uang Pecahan

Ini bisa memudahkan anda dalam melakukan pembelian selama perjalanan khususnya bagi anda yang menggunakan jasa kereta api sebagai alat transportasi.

5. Hiburan (radio, walkman atau majalah)

Bila anda berpergian sendirian sebaiknya anda membawa majalah, buku bacaan atau radio untuk menemani anda. Hindari percakapan dengan orang yang menurut anda mencurigakan. Hal ini untuk mengurangi potensi terjadinya kejahatan selama perjalanan mudik.

6. Siapkan minuman dan cemilan

Gunakan tas kecil untuk menyimpan minuman dan cemilan seperlunya, hal ini untuk mencegah terjadinya kejahatan yang biasa menggunakan modus pembiusan melalui makanan dan minuman. 

7. Pulsa

Pastikan pulsa yang anda miliki cukup selama perjalanan, jangan sampai anda tidak bisa ke tujuan anda hanya gara gara kehabisan pulsa. Untuk memudahkan dalam pengisian pulsa, anda bisa menggunakan fasilitas ini, (Baca:Bisnis Pulsa Elektrik)

Buat pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi

Setelah persiapan sudah di lakukan semuanya, berikut tips tambahan bagai para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

1. Check kondisi kendaraan anda secara menyeluruh

Bawa kendaraan anda ke tempat service resmi untuk di periksa secara menyeluruh, sehingga kendaraan anda benar benar siap untuk di pakai dalam perjalanan mudik.

2. Check peralatan tambahan kendaraan

Peralatan tambahan yang harus anda check dan siapkan seperti dongkrak, kunci pas, obeng, tang, dll. Sehingga anda bisa dengan mudah memperbaiki kendaraan anda bila terjadi masalah sewaktu perjalanan.

3. Check dan siapkan spare part

Spare part kendaraan yang harus anda siapkan seperti busi, lampu dan ban. Pastikan spare part tersebut ada di dalam kendaraan anda.

4. Check Kondisi Tubuh

Jangan kendaraan saja yang anda check secara menyeluruh, kondisi tubuh anda juga perlu di check. Pastikan kondisi anda dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan mudik, khususnya bagi pengemudi agar semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

5. Siapkan tempat khusus bagi anda yang memiliki bayi

Untuk anda yang mengikut sertakan bayi dalam perjalanan mudik, sebaiknya di siapkan sebuah tempat khusus yang nyaman dan aman untuk dirinya. Sehingga anda tidak perlu repot menggendongnya selama perjalanan.

6. Kotak Kesehatan (P3K)

Check kembali isi kotak P3K yang anda miliki, bila terdapat obat yang sudah lama sebaiknya anda ganti dengan yang baru. Anda juga bisa menambahkan dengan obat obatan yang lain.

7 . Peta

Untuk memudahkan perjalanan, sebaiknya anda menggunakan peta sesuai dengan tujuan anda. Sebelum berangkat, anda tentukan terlebih dahulu jalan dan kota yang ingin anda lewati. Dengan begitu perjalanan anda terhindar dari kemacetan.

8. Siapkan nomor telephon mobil derek dan service

Setiap merk kendaraan biasanya memiliki fasilitas mobile service. Jadi sewaktu kendaraan anda mengalami masalah, anda tinggal telpon fasilitas tersebut dan service pun bisa di lakukan pada saat itu juga. Anda juga harus menyiapkan nomor telpon mobil derek, sehingga apabila service in street tidak bisa di lakukan, maka anda bisa menggunakan jasa ini untuk membawa mobil anda ke tempat servicenya langsung.


Nah bagi anda yang mudik dengan kendaraan umum, mungkin beberapa hal bisa anda perhatikan.

1.      Waspada terhadap tindak kejahatan terutama melalui modus pembiusan atau hipnotis.
2.      Hindari pemberian dari seseorang yang anda tidak kenal.
3.      Hindari juga seseorang yang mengaku ngaku kenal dengan anda.
4.      Seperti yang pernah ane sebutkan sebelumnya, siapkan alat alat hiburan sehingga pikiran anda tetap sibuk dan tidak melamun.
5.      Akan lebih bagus lagi jika membaca Al-Quran sepanjang perjalanan, siapa tahu anda dapat malam Lailatul Qadr.

Selamat mudik.


















Other Articles

Recent Post

Check This Out

Hot Product

Gillette Fusion Proglide Manual Razor and Cartridge

Kindle Paperwhite

The Power of Independence - A TuneCore Artist Compilation

Bluegrass Mastery Vol. 1

Living Rich by Spending Smart: How to Get More of What You Really Want

Kindle Fire HD Tablet

Star Trek: Original Motion Picture Collection

Red Vines Red Original Licorice Twists

The Secret Holocaust Diaries

Charlotte Figg Takes Over Paradise

Discount:
Keywords:

Best Deals

 
Copyright © O-Bras | Powered by Blogger